MIKE HAILWOOD
Mike Hailwood
Stanley Michael Bailey Hailwood , MBE , GM (2 April 1940 - 23 Maret 1981) adalah pembalap sepeda motor Grand Prix Inggris . Ia dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu pembalap terhebat sepanjang masa. [1] [2]
Hailwood dikenal sebagai "Mike The Bike" karena kemampuan menunggang alami di sepeda dengan berbagai kapasitas mesin. [3] [4] Kemudian dalam karirnya ia berkompetisi di Formula Satu dan kelas balap mobil lainnya, menjadi salah satu dari sedikit pria yang bersaing di tingkat Grand Prix di balap motor dan mobil.
Dia meninggal setelah kecelakaan lalu lintas di Warwickshire , Inggris.
kehidupan awal
Hailwood dilahirkan di Langsmeade House, Great Milton di Oxfordshire , Ayahnya, yang juga berpacu di era sebelum Perang Dunia II, adalah seorang penjual sepeda motor yang sukses dan Hailwood memiliki pendidikan yang nyaman. [1] Ia belajar mengendarai sepeda di usia muda seperti seorang bocah lelaki di ladang dekat rumahnya. [1] Ia dididik di Sekolah Persiapan Purton Stoke, Kintbury, [ rujukan? ] Dan Pangbourne Nautical College di mana ia mengenakan seragam kadet RN, [5] tetapi pergi lebih awal dan bekerja untuk waktu singkat dalam bisnis keluarga sebelum ayahnya mengirim dia bekerja di sepeda motor Triumph. [2]
Karir balap motor
Hailwood melihat balapan pertamanya pada usia 10 dengan ayahnya, dan pertama kali menyaksikan balapan Isle of Man TT pada tahun 1956. [5]
Dia pertama kali balapan pada 22 April 1957, di Oulton Park . Hampir 17, ia selesai di tempat ke-11, tetapi segera membukukan hasil yang sukses. [1] Pada tahun 1958 ia memenangkan ACU Stars dengan kelas 125 cc, 250 cc, dan 350 cc, yang membuatnya mendapatkan Hadiah Pinhard , [5] sebuah penghargaan yang diberikan setiap tahun kepada pengendara sepeda motor muda berusia di bawah 21 tahun, yang diputuskan telah menjadi yang paling berjasa. prestasi dalam olahraga sepeda motor selama tahun sebelumnya. [6] Ia bekerja sama dengan Dan Shorey untuk memenangkan perlombaan ketahanan Thruxton 500 dan berakhir dengan baik di empat kelas balapan TT dengan satu podium.
Pada 1961 , Hailwood berlomba untuk pabrik Jepang yang sedang naik daun bernama Honda . Pada Juni 1961 , ia menjadi orang pertama dalam sejarah Isle of Man TT yang memenangkan tiga balapan dalam satu minggu ketika ia menang dalam kategori 125 cc, 250 cc, dan 500 cc. [7] Ia kehilangan kesempatan untuk memenangkan balapan keempat ketika 350 AJSnya gagal dengan pin gudgeon yang rusak saat memimpin. Mengendarai empat tak , empat silinder 250 cc Honda, Hailwood memenangkan kejuaraan dunia 1961 250cc . [8]
Pada tahun 1962 , Hailwood menandatangani kontrak dengan MV Agusta dan kemudian menjadi pembalap pertama yang memenangkan empat Kejuaraan Dunia 500cc berturut-turut. [1] [8]
Pada bulan Februari 1964 selama persiapan untuk Grand Prix AS, Hailwood menetapkan rekor kecepatan satu jam baru pada MV 500 cc yang merekam kecepatan rata-rata 144,8 mph (233,0 km / jam) pada mangkuk kecepatan berbentuk oval, yang ditekuk di Sirkuit Daytona . Rekor sebelumnya 143 mph (230 km / jam) ditetapkan oleh Bob McIntyre dengan 350 cc Gilera di Monza pada tahun 1957. Hailwood kemudian memenangkan perlombaan GP, yang membawa poin Kejuaraan Dunia, pada sore hari di hari yang sama . [9]
Selama 1965, Hailwood memasuki acara-acara UK terpilih yang menunggang Tim Tom Kirby. [5] Dalam hujan lebat, Hailwood memenangkan lomba Produksi Hutchinson 100 1965 di sirkuit Silverstone dengan BSA Lightning Clubman yang dimasukkan oleh dealer Tom Kirby, mengalahkan Triumph Bonnevilles yang dimasukkan oleh Syd Lawton. [10] The 'Hutch' adalah balapan produksi utama musim ini bersama dengan Thruxton 500 , sehingga sangat penting bagi produsen untuk membangun potensi balap dari model terbaru mereka. Karena ini adalah balapan berbasis produksi yang terbuka untuk semua peserta, tim kerja 'resmi' tidak memenuhi syarat; sebaliknya, mesin disiapkan dan dimasukkan melalui dealer pabrik yang sudah mapan. BSA Lightning Clubmans dikendarai oleh Hailwood (membawa nomor 1 di fairing) dan pebalap pabrik Tony Smith, sementara Triumph Bonnevilles dikendarai oleh Juara Dunia Phil Read dan pekerja yang bekerja Percy Tait . Kondisinya buruk dan Smith keluar dari lomba di Stowe Corner yang licin. Dengan sedikit memperhatikan hujan, Hailwood mencapai putaran 83 mph (134 km / jam) untuk memastikan keunggulannya. [11] [12]
Setelah sukses dengan MV Agusta, Hailwood kembali ke Honda dan memenangkan empat gelar dunia lainnya pada tahun 1966 dan 1967 dalam kategori 250 cc dan 350 cc. [1] [8] Pada perlombaan 'Motor Cycle' 500 di Brands Hatch pada tahun 1966, Hailwood mendemonstrasikan sebuah Honda CB450 Black Bomber yang dilengkapi dengan fairing olahraga. [13] Itu tidak dapat bersaing dalam kategori 500cc, FIM menganggap itu tidak diklasifikasikan sebagai mesin produksi karena memiliki dua camshafts overhead. [14]
Hailwood dikenang karena prestasinya di Isle of Man TT yang terkenal. Pada 1967, ia telah menang 12 kali di lapangan gunung pulau . [8] Ia memenangkan apa yang oleh banyak sejarawan dianggap sebagai ras Isle of Man paling dramatis sepanjang masa, TT Senior 1967 melawan saingan besarnya, Giacomo Agostini . [1] [15] Dalam balapan itu ia mencatat rekor putaran 108,77 mph (175,05 km / jam) pada Honda RC181 , yang bertahan selama 8 tahun ke depan. [1] [16]
Setelah mengalami kerusakan pada tahun 1967, Hailwood berniat untuk menandatangani kembali untuk Honda asalkan mesin 1968 memuaskan, dan telah pindah ke Afrika Selatan di mana ia memulai bisnis membangun dengan mantan pengendara motor Grand Prix Frank Perris , menyelesaikan rumah pertama mereka di Oktober 1967, juga menjual satu kepada mantan pembalap Jim Redman . Hailwood menyatakan kepada Motorcycle Mechanics bahwa bahkan tanpa mesin yang cocok dari Honda, dia tidak akan pergi ke tempat lain, lebih memilih untuk pensiun sebelum waktunya dan dia akan selesai pada akhir musim 1968. [17]
Untuk tahun 1968, Honda menarik diri dari balap Grand Prix, tetapi membayar Hailwood £ 50.000 (setara dengan lebih dari £ 620.000 atau US $ 1,1 juta dengan harga 2006) untuk tidak naik ke tim lain, dengan harapan tetap menjadikannya sebagai penunggangnya saat kembali ke kompetisi. [1] [18]
Hailwood terus mengendarai Honda selama tahun 1968 dan 1969 dalam pertemuan balapan terpilih tanpa status Kejuaraan Dunia termasuk acara Eropa di Temporada Romagnola ( Musim Adriatik sirkuit jalanan), kadang-kadang mengenakan helm perak biasa, termasuk pada mesin bermesin 500 cc yang bingkai yang digunakan secara pribadi ditugaskan oleh Hailwood. [19] [20]
Hailwood juga muncul dalam acara-acara Inggris terpilih, pada tahun 1968 muncul dalam balapan pasca-TT di Mallory Park dengan Honda, [21] dan pada 1969 ia berpartisipasi dalam Balapan Taman Mallory of the Year mengendarai Seeley [22]
Dia sudah mulai membalap mobil dan tidak ada tim balap pabrik lain yang tersedia untuk bersaing melawan MV Agusta, [20] [23] Hailwood memutuskan untuk mengejar karir di balap mobil, menempatkan ketiga dalam lomba Le Mans 24-jam 1969 di Prancis sebagai co-driver dari Ford GT40 dengan David Hobbs . [24]
Pada tahun 1970, Hailwood kembali terpikat ke balap sepeda, kali ini oleh tim BSA mengendarai Rocket 3 di balapan Daytona 200 di Florida , bagian dari tim BSA / Triumph yang kuat. Sementara ditempatkan di kepala lapangan, mesin segera gagal karena terlalu panas. [25] Hailwood kembali naik untuk BSA pada lomba Daytona 1971, lolos di barisan depan. Dia memimpin balapan tetapi sekali lagi mogok. [26] [27] Putra Mike, David Hailwood menyelesaikan putaran demonstrasi kursus Isle of Man TT pada 3 Juni 2002, mengendarai Mikea Daytona 1971 BSA Rocket 3 membawa huruf besar 'H' alih-alih nomor ras. Dia jatuh dengan kecepatan rendah ketika melambaikan tangan ke penonton di Governor's Bridge , tikungan tajam di ujung akhir dari kursus 37 mil. [28]
Kehidupan pribadi
Berasal dari latar belakang yang makmur, selama awal karirnya, Hailwood telah menikmati gaya hidup istimewa dan bahkan sebelum pindah dari MV ke Honda pada tahun 1966 adalah pembalap paling tinggi di dunia. Dia menjalani gaya hidup playboy sebagai jet-setter yang mencakup 30.000 mil jalan dan 160.000 mil udara dalam setahun bepergian ke sirkuit di seluruh dunia sementara berbasis di flat-nya Heston , London bujangan di mana ia menyimpan mobil sport bertenaga tinggi. [17] [29]
Pada 1964, bersama dengan komentator dan jurnalis Inggris Murray Walker , ia menerbitkan buku, The Art of Motorcycle Racing . Setelah pindah ke Afrika Selatan pada tahun 1967, ia mengkonfirmasi kepada Motorcycle Mechanics pada tahun 1968 bahwa ia hanya akan menghabiskan waktu yang sama di sana seperti dalam delapan tahun sebelumnya ketika ia menghabiskan dua bulan musim dingin tinggal di peternakan pembalap Paddy Driver dekat Johannesburg . Hailwood juga menyatakan " Dan sejauh perkawinan berjalan — itu hanya untuk burung! " [17]
Karir balap mobil
Selama karir balap mobilnya, Hailwood tidak pernah mencapai tingkat kesuksesan yang sama dengan yang ia temukan pada sepeda motor, tetapi mencapai hasil yang terhormat di Formula Satu dan Mobil Olahraga Dunia .
Hailwood berpartisipasi dalam 50 Grand Prix Formula Satu, dimulai dengan fase awal antara 1963-1965, memulai debutnya di Grand Prix Inggris pada 20 Juli 1963, mencapai dua kali podium pada 1964 dan mencetak total 29 poin kejuaraan. [32] Ia bersaing untuk meraih kemenangan pada balapan Formula Satu pertamanya dalam 6 tahun, Grand Prix Italia 1971 . Dia dan 3 pembalap lainnya finish 1-2-3-4 lebih dari dua persepuluh detik, Hailwood finis keempat.
Dia memenangkan gelar Eropa Formula Dua tahun 1972 dan mendapatkan podium di Le Mans pada 1969 24 Hours . [33] [34] Hailwood menjalankan tiga musim penuh di seri Eropa Shellsport F5000 1969-71 dan berada di urutan ke-2 dalam seri F2000 Tasman 1975 di mana ia mengendarai sasis TS8 F1 bermesin 5.000.
Hailwood diakui karena keberaniannya ketika pada Grand Prix Afrika Selatan tahun 1973 ia pergi untuk menarik Clay Regazzoni dari mobilnya yang terbakar setelah keduanya bertabrakan di lap kedua perlombaan. Jas mengemudi Hailwood terbakar, tetapi setelah dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran ia kembali untuk membantu menyelamatkan Regazzoni, suatu tindakan yang ia dianugerahi Medali George , penghargaan kesopanan tertinggi ke-2 yang diberikan oleh warga sipil Inggris kepada warga sipil. [35]
Pada tahun 1974 ia mengendarai sebuah karya yang disponsori Yardley, McLaren M23 dan terkesan, terkadang melebihi pemimpin tim Emerson Fittipaldi . Dia meninggalkan Formula Satu setelah mengalami cedera parah di Grand Prix Jerman 1974 di Nürburgring dan pensiun ke Selandia Baru. [36]
Dia adalah subjek This Is Your Life pada tahun 1976 ketika dia dikejutkan oleh Eamonn Andrews . [37]
Kembali
Pada 3 Juni 1978, setelah absen selama 11 tahun dari sepeda motor arus utama, Hailwood melakukan comeback yang sekarang legendaris di Isle of Man TT dalam perlombaan Formula I , kelas Kejuaraan Dunia berdasarkan mesin jalan berkapasitas besar pertama kali diperkenalkan untuk 1977. [1] [2] [36] [38]
Pada tahun 1977, Hailwood telah melakukan perjalanan ke Australia untuk mengendarai Ducati berkapasitas besar dalam balapan jarak jauh dan acara 30 putaran dengan Yamaha, bersama dengan mesin balap bersejarah. Mencapai beberapa keberhasilan, ia memasuki acara jarak jauh 3 jam pada bulan April 1978, lagi dengan co-rider Australia Jim Scaysbrook. [39] [40]
Beberapa pengamat percaya pria berusia 38 tahun itu akan segera terbukti kompetitif di balapan TT setelah absen begitu lama. Mengendarai Ducati 900SS yang disediakan oleh dealer Motor Sports Manchester (UK), ia tidak hanya kompetitif, tetapi juga berhasil meraih kemenangan yang sangat populer. [16] [41] [42] Mesin untuk kategori balapan lainnya disediakan oleh Yamaha NV (Belanda). [39]
Setelah balapan TT Juni 1978, ia kembali berkuda di Australia bersama Scaysbrook di acara Castrol Six Hour, diikuti oleh perlombaan Three Hour Adelaide 1979. [39] [40]
Dia membalap di Isle of Man TT 1979 sebelum pensiun untuk selamanya pada usia 39. Dalam penampilan Isle of Man terakhir itu, Hailwood mengendarai Suzuki RG 500 dua langkah untuk meraih kemenangan di TT Senior . [16] Dia kemudian memilih untuk menggunakan sepeda 500 cc yang sama di Unlimited Classic dan memotong dadu untuk memimpin dengan Alex George (1100cc Honda) untuk semua enam lap dalam epik TT lagi. Satu atau dua menit terpisah di jalan, mereka jarang beberapa detik terpisah tepat waktu setiap putaran, Hailwood kalah hanya dalam 2 detik.
Kematian
Setelah pensiun dari olahraga motor, pada akhir 1979 Hailwood mendirikan dealer sepeda motor ritel berbasis di Birmingham bernama Hailwood dan Gould , bekerja sama dengan mantan pembalap sepeda motor Rodney Gould . [43]
Pada hari Sabtu 21 Maret 1981, Hailwood berangkat dengan Rover SD1 bersama anak-anaknya Michelle dan David untuk mengumpulkan sejumlah ikan dan keripik . Ketika mereka kembali di sepanjang A435 Alcester Road melalui Portway, Warwickshire , [44] di dekat rumah mereka di Tanworth-in-Arden , sebuah truk berbelok secara ilegal melalui penghalang ke reservasi pusat, dan mobil mereka bertabrakan dengannya. Michelle, sembilan tahun, terbunuh seketika. Mike dan David dibawa ke rumah sakit, di mana Mike meninggal dua hari kemudian karena cedera internal yang parah. [45] Dia berusia 40 tahun. David selamat dengan luka ringan. Pengemudi truk itu didenda £ 100.
Hailwood mengaku telah diberitahu oleh peramal nasib di Afrika Selatan bahwa ia tidak akan hidup sampai 40 dan akan dibunuh oleh sebuah truk. Kisah itu diulangi oleh Elizabeth McCarthy dalam sebuah memoar tahun 1981, ketika menceritakan hubungannya dengan Hailwood, yang ditemuinya di Grand Prix Kanada pada tahun 1967. Ketika dia meminta tangannya untuk menikah, dia menjawab bahwa dia ragu-ragu untuk menikahi seseorang yang bisa mati di perlombaan akhir pekan. Dia kemudian menceritakan kisahnya dan berkata; "... jadi kamu tahu, itu tidak akan terjadi di trek." [46]
Warisan
Acara tahunan 'Mike Hailwood Memorial Run' dihentikan setelah acara 2011. [47] Titik awalnya adalah bekas pabrik Norton di Aston , Birmingham , kemudian ke Portway, tempat kecelakaan itu terjadi, berlanjut ke gereja di Tanworth-in-Arden tempat Mike dan Michelle dimakamkan bersama. [48]
Hailwood pensiun dengan 76 kemenangan Grand Prix, 112 podium Grand Prix, 14 kemenangan Isle of Man TT dan 9 Kejuaraan Dunia, termasuk 37 kemenangan Grand Prix, 48 podium Grand Prix, 6 kemenangan Isle of Man TT dan 4 Kejuaraan Dunia dalam 500cc. [8]
Dia dianugerahi Piala Segrave untuk tahun 1979 " sebagai pengakuan atas eksploitasi Isle of Man-nya di TTs Senior dan Klasik ", dengan teman dekatnya Ted Macauley juga dianugerahi Medali Seagrave khusus. [49] [50] Hailwood adalah Pelindung dari sebuah badan amal kecil - The Joan Seeley Pain Relief Memorial Trust - dinamai sebagai penghormatan kepada istri pertama Colin Seeley , Joan, yang meninggal pada 1979. Pelindung yang sekarang adalah Murray Walker . [51]
FIM menamainya Grand Prix "Legenda" pada tahun 2000. [52] Ia dilantik ke dalam Hall of Fame Sepeda Motor AMA pada tahun 2000 dan Hall of Fame Olahraga Motor Internasional pada tahun 2001. [1] [53]
Setelah kemenangan Hailwood di balap sepeda motor Isle of Man Formula Satu 1978, Ducati menawarkan Mike Hailwood Replica berbasis 900SS untuk dijual. Sekitar 7.000 terjual. [54]
Pada 1981, bagian dari kursus TT bernama Hailwood's Height untuk menghormatinya. Pada tahun 1984, Pauline Hailwood secara resmi membuka Mike Hailwood Center, [55] sebuah gedung serba guna yang berlokasi di TT Grandstand di Douglas dijalankan sebagai outlet penyegaran selama periode balap sepeda motor TT dan Manx Grand Prix . Dioperasikan oleh Yayasan Mike Hailwood , sebuah badan amal yang berbasis di Isle of Man , ia dikelola oleh sukarelawan dan juga mempromosikan balapan bersama dengan mendukung pesaing baru.
Komentar
Posting Komentar