FREDDIE SPENCER
Freddie Spencer
Frederick Burdette Spencer (lahir 20 Desember 1961), yang dikenal dengan julukan Fast Freddie , adalah mantan pembalap motor juara dunia Amerika . [1] Spencer dianggap sebagai salah satu pembalap motor terhebat di awal 1980-an. [2]
Karir balap motor
Awal tahun
Spencer lahir di Shreveport, Louisiana . Dia adalah seorang jagoan balap yang mulai balap pada usia empat tahun, bersaing dalam acara trek tanah di dekat kota kelahirannya Shreveport. [1] Setelah memenangkan Kejuaraan Balap Road Nasional AS 250cc 1978, Spencer dikontrak untuk mengendarai tim balap American Honda di AMA Superbike Championship . [1] Ia memberi Honda kemenangan sepeda super pertama mereka ketika ia memenangkan putaran Road America pada 1980 AMA Superbike Championship. [1]
Spencer mendapat sorotan internasional pada pertandingan pertandingan Trofi Transatlantik Tropis AS 1980 dengan Inggris ketika ia memenangkan dua pertandingan di Brands Hatch , mengalahkan Juara Dunia Kenny Roberts dan Barry Sheene dalam prosesnya. [1] Spencer melanjutkan ke urutan ketiga dalam kejuaraan Superbike 1980 dan kedua ke Eddie Lawson pada tahun 1981. [1] Pada tahun 1981 , ia membagi waktunya antara seri AMA Superbike , dan sirkuit Grand Prix Eropa, membantu Honda mengembangkan eksotis , sepeda Grand Prix empat tak empat silinder silinder oval. [1]
Kejuaraan dunia Grand Prix
Pada 1982 , ia dipromosikan penuh waktu ke tim Grand Prix Honda, yang pada saat itu menyerah pada NR500 dan mengembangkan NS500 tiga silinder, dua-tak . Pada tahun 1983 , Spencer memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc pertamanya pada usia 21, menjadi orang termuda yang memenangkan gelar, perbedaan yang sebelumnya dipegang oleh Mike Hailwood . [1] [2]
Musim 1983 akan dikenang sebagai salah satu perburuan gelar paling dramatis dalam sejarah balap Grand Prix; Pembalap Honda Spencer dan Pembalap Yamaha Kenny Roberts bertarung maju-mundur untuk memimpin poin dengan masing-masing meraih enam kemenangan. [3] Musim memuncak pada babak kedua terakhir di Swedia ketika kedua pembalap bertabrakan di lap terakhir. [4] Roberts berlari keluar jalur meninggalkan Spencer untuk berlari ke garis finish dan kemenangan. Roberts memenangkan balapan terakhir tetapi Spencer finis kedua, mengamankan gelar juara dunia pertamanya dengan dua poin. [2]
Pada tahun 1984 , Honda mengembangkan V4 NSR500 yang baru secara radikal yang menampilkan tangki bahan bakar di bawah mesin dan ruang ekspansi di bawah tangki palsu di atas mesin. Masalah gigi dan cedera akibat tabrakan menghambat pertahanan Spencer atas mahkotanya dan ia terdegradasi ke tempat keempat dalam kejuaraan. [5] Meskipun demikian, ia masih berhasil menang tiga kali dengan NSR500, dan dua kali lebih banyak pada mesin tiga silinder NS500.
1985 terbukti menjadi tahun bersejarah bagi Spencer. Dia memulai musim dengan memenangkan pembukaan musim bergengsi Daytona 200 . Spencer juga memenangkan kelas Formula 1 dan 250cc, menjadikannya satu-satunya pembalap yang memenangkan ketiga divisi dalam satu tahun. [1] [6] Spencer juga berkompetisi di Kejuaraan Dunia Grand Prix Dunia 250cc dan 500cc, memenangkan kedua gelar pada tahun yang sama. Itu membuatnya menjadi pembalap kelima (& terakhir) yang pernah menang di kelas 500cc & kelas berikutnya turun, dan karena perubahan kelas, satu-satunya pembalap yang menang di kelas 500cc & 250cc dalam satu tahun. Karirnya terpotong oleh cedera pergelangan tangan yang beberapa orang percaya disebabkan oleh ketegangan fisik dalam dua kejuaraan selama satu musim.
Setelah musim bersejarah 1985, Spencer tidak pernah memenangkan perlombaan Grand Prix lainnya. Dia pensiun dari balap Grand Prix pada awal tahun 1988 , meskipun ada beberapa upaya comeback GP yang gagal, pada tahun 1989 dan 1993. [1]
karier nanti
Dia kembali ke balapan di AMA Superbike Championship pada 1990-an, memenangkan tiga balapan. Dia kedelapan pada tahun 1991, mengendarai Honda untuk Two Brothers Racing, dan naik satu lebih baik pada tahun 1992. Pada tahun 1995 ia mengendarai Fast By Ferracci Ducati ke urutan sembilan, dan pada akhir tahun mengambil alih karya Ducati dari Mauro Lucchiari di Superbike Kejuaraan Dunia .
Spencer berpacu di bawah beberapa marque yang berbeda selama karir balapnya, memenangkan perlombaan Kejuaraan Nasional Superbike pertamanya di atas Kawasaki , tetapi ia paling dekat dikaitkan dengan Honda dan kemitraannya dengan tuner Grand Prix, Erv Kanemoto . Dia memenangkan ketiga gelar dunianya di Honda dengan Kanemoto sebagai kepala mekanik. Spencer memiliki tugas singkat dengan tim Agostini Yamaha dan mengakhiri karirnya di Ducati di Kejuaraan Nasional AS.
Spencer sekarang tinggal di Las Vegas, Nevada , di mana ia mengoperasikan sekolah mengendarai sepeda motor, Sekolah Berkuda Kinerja Tinggi Freddie Spencer, hingga Oktober 2008. Sekolah itu menghitung Nick Ienatsch dan Ken Hill sebagai kepala instruktur dan instruktur utama. [7] Setelah ditutup, Ienatsch mendirikan program pengganti, Yamaha Champions Riding School . [8]
Hormat
- "Freddie Spencer Day" dideklarasikan pada tahun 1984 oleh Walikota John Brennan Hussey di Shreveport setelah Spencer memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc tahun sebelumnya. Sheriff Paroki Caddo Don Hathaway menjadikan Spencer sebagai "wakil kehormatan" untuk acara tersebut. [9]
- Dilantik ke dalam Hall of Fame Sepeda Motor AMA pada tahun 1999. [1]
- Dilantik ke Hall of Fame of America Motorsports pada tahun 2001. [10]
- FIM menamainya Grand Prix "Legenda" pada tahun 2001. [11]
- Diresmikan ke dalam Louisiana Sports Hall of Fame pada tahun 2009.
Komentar
Posting Komentar