GEOFF DUKE
Geoff Duke
Geoffrey Ernest Duke OBE (29 Maret 1923 - 1 Mei 2015) adalah beberapa juara dunia balap sepeda motor Grand Prix Inggris. Lahir di St. Helens , Lancashire , [1] setelah pensiun dari kompetisi ia adalah seorang pengusaha yang berbasis di Isle of Man. Dia membalap beberapa merek sepeda motor: Norton , Gilera , BMW , NSU dan Benelli . [2]
Karir olahraga
Setelah mencapai status Sersan Tim di Tim Display Sepeda Motor Royal Signals , The White Helmets, [3] Duke adalah tokoh terkemuka dalam balap pada 1950-an, memenangkan enam kejuaraan dunia dan enam balapan Isle of Man TT . [1] Pertama kali memasuki Grand Prix Isle of Man Manx pada tahun 1948, ia pensiun setelah empat putaran balapan Junior. Dia menjadi terkenal setelah peristiwa 1949, finis kedua dalam lomba Junior, setelah remounting karena tumpahan, dan memenangkan balapan Senior dengan rekor putaran dan kecepatan rata-rata lomba. [4] [5] [6] Ia juga memenangkan Senior Clubmans TT 1949. [7] Ia menandatangani kontrak dengan tim Norton work untuk TT 1950 , finish kedua di Junior TT dan memecahkan rekor lap dan race di TT Senior .
Setelah memenangkan tiga Kejuaraan Dunia untuk Norton, ia pindah ke luar negeri ke produsen sepeda motor Italia, Gilera pada tahun 1953 . [8] Bersama Gilera, ia memiliki untaian tiga kejuaraan dunia 500 cc berturut-turut. [1] Dukungannya untuk pemogokan pembalap yang menuntut lebih banyak uang awal membuat FIM menghentikannya selama enam bulan, menghancurkan harapan untuk gelar keempat berturut-turut. [8] [9] Untuk tahun 1953 ia bergabung dengan tim balap mobil sport Aston Martin (Feltham, Middlesex) untuk membalap dengan DB3 . [10] Bekerja sama dengan Peter Collins , pasangan ini memimpin 12 Jam Sebring hingga kecelakaan Duke dan menghasilkan DNF. Pada tahun 1955 ia dinyatakan sebagai pembalap pertama yang memutari kursus Isle of Man TT pada kecepatan 100 mph, meskipun ini kemudian diperbaiki menjadi 99,97. [11] Sebagai konsekuensinya, putaran pertama 100 mph resmi dikreditkan ke Bob McIntyre , juga pada Gilera, pada tahun 1957. Duke bukan starter karena cedera. Balapan terakhirnya adalah Grand Prix Bangsa 1959.
Pada tahun 1963 , ia membentuk tim balap - Scuderia Duke , dengan pembalap Derek Minter dan John Hartle - untuk membalap Gileras 1957 melawan Mike Hailwood mengendarai MV Agusta . [8]
Selama tahun 1964, Duke ditunjuk sebagai Manajer Persaingan untuk sepeda motor Royal Enfield , membantu mengembangkan pembalap road -volume GP250 anggota klub mereka yang baru. [12] [13] [14] [15]
Untuk Percobaan Enam Hari Internasional 1965 yang diadakan di Isle of Man, Duke berperan dalam membantu menyusun kursus 1.000 mil dan bagian yang diadakan di sebuah pulau berukuran sekitar 30 mil dengan lebar 10 mil, terutama menggunakan trek yang tidak tersedia di daratan Inggris karena undang-undang yang membatasi, masalah yang tidak muncul di Isle of Man yang memerintah sendiri. Selain itu, pulau ini memiliki hotel-hotel yang dengan mudah dapat melayani tim kunjungan, pengikut dan penonton dengan niat baik tradisional dan antusiasme terhadap olahraga sepeda motor. Duke bertindak sebagai Panitera Kursus ke ACU , badan olahraga sepeda motor di Inggris termasuk Isle of Man, yang berinteraksi dengan organisasi internasional FIM . [16]
Pada tahun 1967, Duke bertindak sebagai peserta untuk Triumph Bonneville pemenang kelas yang dikendarai oleh John Hartle di bagian kapasitas 750 cc dari kelas Produksi 1967 yang baru diperkenalkan, yang mengharuskan mesin balap didasarkan pada roadsters, mematuhi spesifikasi terkontrol menggunakan adaptasi terpilih. hanya, tersedia dari pabrikan sebagai inventaris bernomor bagian. [17]
Kehidupan pribadi
Duke adalah pengendara paling terkenal yang mengadopsi kulit one-piece - ia telah meminta penjahit lokalnya, Frank Barker, untuk membuat yang pertama dari pakaian balap one-piece yang sekarang terkenal. Duke sebelumnya menggunakan lapisan one-piece di bawah setelan balap kulit dua potongnya, untuk memudahkan pergerakan, yang untuknya ia menerima "komentar kasar dari rekan-rekan setimku!" [18] Ia dinobatkan sebagai Olahragawan Terbaik Tahun 1951, dianugerahi RAC Segrave Trophy dan, sebagai pengakuan atas jasanya pada sepeda motor, dianugerahi Ordo Kerajaan Inggris pada tahun 1953. [19] [20]
Setelah pensiun dari balap, Duke menjadi pengusaha, awalnya dalam perdagangan motor dan kemudian dalam layanan pengiriman ke Isle of Man. Pada tahun 1978, ia berperan penting dalam mendirikan Manx Line yang memperkenalkan layanan feri roll-on-roll-off pertama ke pulau tersebut dalam persaingan dengan Perusahaan Paket Uap Isle of Man yang berusia 150 tahun [21] FIM menamainya Grand Prix "Legend" pada tahun 2002. [22]
Sangat dihormati oleh Isle of Man , di mana ia membuat begitu banyak wahana pemecahan rekor dunianya, sebuah titik di bagian gunung dari Kursus TT dinamai menurut namanya pada tahun 2003. Tiga tikungan tajam pada Tonggak ke 32 di antara Tonggak Brandywell dan Windy Corner sekarang membawa judul 'Duke's'. [23]
Dia meninggal, berusia 92, di rumahnya di Isle of Man pada 1 Mei 2015 setelah sakit selama beberapa waktu. [24] iring-iringan pemakaman Duke berkumpul di TT Grandstand , Glencrutchery Road, Douglas, Isle of Man pada 10 Mei, sebelum putaran terakhir Snaefell Mountain Course , diikuti oleh layanan pemakaman keluarga pribadi. [25] [26]
Komentar
Posting Komentar